Pertama kali saya merasakan naik pesawat pada tahun 2011 lalu, saya langsung ketagihan. Selain karena bisa terbang di langit dan sampai ke tujuan lebih cepat dari transportasi darat, saya juga terkesan dengan fasilitas dan arsitektur dari bandara yang saya kunjungi. Sejak saat itu, saya berkeinginan untuk mengunjungi semua bandara di dunia dan juga mencoba setiap maskapai yang beroperasi. Penerbangan pertama saya yaitu Batavia Air (Y6) dari Jakarta (CGK) ke Pekanbaru (PKU). Dari sejak penerbangan pertama sampai sekarang, saya selalu mencatat penerbangan-penerbangan yang saya lalui. Tetapi tidak semua penerbangan saya catat, hanya penerbangan-penerbangan unik dengan rute dan maskapai yang berbeda saja yang saya catat. Misalnya, saya pernah terbang dari CGK ke PKU menggunakan Batavia Air. Penerbangan berikutnya dari CGK ke PKU saya menggunakan maskapai Garuda Indonesia (GA). Maka saya mencatat kedua penerbangan tersebut karena menggunakan maskapai yang berbeda meskipun rutenya sama. Penerbangan berikutnya dari CGK ke PKU menggunakan Batavia Air atau Garuda Indonesia tidak saya catat. Berikut beberapa situs yang saya gunakan untuk mencatat penerbangan-penerbangan yang pernah saya lalui.

1. Flightdiary atau myFlightradar24

Dapat diakses di https://my.flightradar24.com/ atau sebelumnya flightdiary.net. Situs ini juga terintegrasi dengan flightradar24.com, situs untuk melacak penerbangan secara realtime. Cara menggunakannya adalah pertama-tama kita harus membuat akun terlebih dahulu. Tinggal masukkan alamat email dan password anda sudah bisa mendaftar. Anda juga bisa menggunakan akun facebook atau google untuk log in.

Setelah log in, hal berikutnya adalah memasukkan penerbangan. Untuk memasukkan penerbangan, anda tinggal klik “add flight” yang ada di bagian atas kemudian ikuti langkah-langkahnya mengisi kolom rincian penerbangan anda seperti tanggal keberangkatan, nomor penerbangan, nomor kursi, dan lain-lain. Jika anda tidak tahu bisa dikosongkan tetapi tetap ada field yang wajib diisi yaitu tanggal keberangkatan, bandara asal, dan bandara tujuan. Ada beberapa menu yang tersedia yaitu Profile, Flight, Friends, Settings, dan Sign Out. Menu Profile memperlihatkan peta rute yang pernah di lalui dan bandara yang pernah dikunjungi. Terdapat juga statistik singkat mengenai jumlah penerbangan, waktu dan jarak yang telah ditempuh, jumlah emisi karbon dioksida yang dibuang, dan grafik-grafik seputar penerbangan-penerbangan yang kita lalui. Statistik tersebut juga dapat di-filter berdasarkan tahun.

Pada menu Flight, ditampilkan daftar penerbangan-penerbangan yang pernah kita jalani lengkap dengan data-datanya. Sementara menu Friend menunjukkan teman-teman kita di facebook yang juga menggunakan situs ini. Sebelum menggunakan menu ini, anda harus tersambung ke facebook terlebih dahulu.

2. FlightMemory

Dengan alamat https://www.flightmemory.com/ dan tetap mengharuskan penggunanya untuk membuat akun terlebih dahulu, situs buatan Jerman ini dapat juga diakses di https://www.flugstatistik.de/ jika anda lebih prefer menggunakan bahasa Jerman. Cara menggunakannya hampir sama dengan situs pertama yaitu dengan memasukkan data-data penerbangan kita secara manual. Cara memasukkan penerbangan yaitu dengan menekan menu FLIGHTDATA > New Flight. Untuk melihat daftar penerbangan yang pernah dilalui, dapat mengklik menu FLIGHTDATA. Di menu tersebut juga dapat ditambahkan bandara yang tidak terdaftar atau bandara yang diperuntukkan untuk kalangan terbatas dengan menu Unique airports.

Pada menu STATISTICS, kita dapat melihat data-data penerbangan kita beserta peta rute penerbangannya. Dapat juga di-set negara untuk menampilkan penerbangan domestik yang kita lalui. Tapi sayangnya peta Indonesia belum tersedia di situ. Di menu ini juga kita dapat melihat top ten airline, airport, aircraft, dan route yang telah kita lalui.

3. OpenFlights.org

Menurut saya situs ini merupakan yang paling sederhana dibandingkan situs flight logger lainnya. Alamat situsnya yaitu https://openflights.org/.  Setelah membuat akun dan log in, kita dapat memasukkan penerbangan kita dengan menekan New flight di sebelah kanan. Setelah itu, di peta langsung akan terlihat peta penerbangan dan bandara yang pernah kita lalui. Bisa juga di-filter berdasarkan tahun dan maskapai. Untuk melihat statistik, tinggal klik Analyze atau Top 10 yang juga terdapat di sebelah kanan.

4. Jet It Up

Website ini menurut saya merupakan yang paling lengkap dan yang paling bagus secara visual dibandingkan situs serupa lainnya. Beralamat di http://www.jetitup.com, dari situs ini juga anda bisa meng-import data dari Flightdiary dan Openflights.org jika anda sudah memiliki data pada situs tersebut. Setelah memasukkan penerbangan-penerbangan anda dengan sub-menu NEW FLIGHT yang terdapat di bawah menu FLIGHT, anda dapat melihat infografis penerbangan-penerbangan anda dengan menu INFOGRAPHIC. Selain peta penerbangan, anda dapat melihat statistik-statistik lain seperti total jarak, waktu di udara, jarak penerbangan terjauh dan terdekat, persen jarak ke bulan, dan lain-lain. Kita juga bisa melihat peta penerbangan kita pada menu FLIGHT MAP.

Pada menu STATISTICS, terdapat tujuh sub-menu yaitu Airports, Airlines, Aircraft, Flight Charts, Days, Delays, dan Countries. Pada sub-menu Airports, Airlines, Aircrafts, dan Countries, ditampilkan bandara, maskapai, jenis pesawat, dan negara yang pernah dikunjungi lengkap dengan logo atau benderanya. Sementara Flight Charts menampilkan grafik berapa kali penerbangan kita berdasarkan tahun dan bulan. Sementara pada menu FLIGHTS, terdapat sub-menu Flight centre yang menampilkan daftar semua penerbangan yang telah kita input  sebelumnya. Daftar penerbangan kita juga bisa dilihat secara lebih informatif pada sub-menu Your timeline.

Selain keempat situs tadi, saya juga iseng mencatat penerbangan-penerbangan yang pernah saya jalani dengan menggunakan google maps. Di google maps juga saya mencatat tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Semacam custom travel map gitu.

Iklan

55 respons untuk ‘Situs Rekam Jejak Penerbangan Anda

  1. Hobi traveling Mas Andi, benar-benar unik nih, mencatat semua penerbangan yang pernah digunakan. Cita-citanya pun tak ketinggalan unik, ingin naik semua kapal terbang yang ada di dunia. Keren banget Mas. Ide original menurutku. Baru di blog ini saya baca. Ikut mendoakan agar cita-cita tercapai Mas Andi. Artinya dirimu harus keliling dunia. Wow keren

  2. Unik juga yah, suka mencatat hampir setiap detil penerbangan .. Baru tahu juga ada situs-situs untuk mencatatnya itu..

    Saya penerbangan pertama juga 2011, waktu itu ke Aceh naik Lion..

    -Traveler Paruh Waktu

  3. Aku ga begitu hobi travelling sih. Tapi suka jalan jalan. Aneh ya. Wkwkwk… Jd ga pernah nyatet. Alhasil lupa udah ke mana aja…. Paling jauh masih ke Medan. 😢😢

    Kalo bisa tercatat gt seru juga ya. Ya seru lagi kalo emang doyan travelling. ..

  4. Jiaaahhhh aku baru tauu ada aplikasi begini… Tau gitu, dr dulu bakal rajin nyatet semua penerbangan yg prnh dicoba.. :D. Skr kalo mau diinget2, udh bnyk yg lupa jg, secara aku mulai traveling sjk kecil :D. Apa aplikasinya bisa mencatat penerbangan2 yg udh lama lewat mas?

  5. Di FB berkali-kali mas Andi infoin tentang ini, tetep aja aku males *karena harus mengingat penerbangan sebelumnya. Tapi pas baca rincian di sini kok jadi penasaran hahaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s