Sebelum membahas tentang Calton Hill, saya akan membahas tentang United Kingdom dan Skotlandia. Seperti kita ketahui, United Kingdom atau Britain merupakan sebuah kerajaan yang terdiri atas empat negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Nama lengkap United Kingdom sendiri yaitu United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland dan Great Britain merupakan satu pulau besar yang terdiri atas Skotlandia, Inggris, dan Wales. Hubungan antara negara dalam United Kingdom bisa dibilang cukup unik. Salah satu contohnya dalam bidang olah raga. Pada kejuaran sepakbola seperti Piala Dunia atau Piala Eropa, keempat negara memiliki tim nasional masing-masing, sedangkan pada Olimpiade, keempat negara bersatu mewakili Team GB. Sedangkan pada kejuaraan rugby, Irlandia Utara bergabung dengan Republik Irlandia. Sedangkan Skotlandia merupakan negara kaya sejarah yang terletak di ujung utara Great Britain. Meskipun Skotlandia merupakan bagian dari United Kingdom, orang-orang Skotlandia sepertinya lebih bangga menyebut dirinya Scottish daripada British. Selain itu, banyak juga kontroversi yang terjadi antara hubungan antara Skotlandia dengan UK, contohnya Skotlandia tidak mengakui Ratu Elizabeth II. Bukan tidak mengakui kekuasaannya, tetapi tidak mengakui angka II karena sebelumnya tidak ada Ratu Elizabeth I di Skotlandia. Ratu Elizabeth I merupakan Ratu dari Inggris dan Irlandia.

Dalam bidang pariwisata, Skotlandia terkenal akan wisata alamnya terutama perbukitan dan danau di daerah Highland. Selain wisata alam, wisata sejarah di Skotlandia tidak kalah populer. Kali ini saya akan membahas salah satu obyek wisata sejarah yang terletak di ibukota Skotlandia, Edinburgh. Calton Hill merupakan bukit yang terletak di kota Edinburgh tepatnya di ujung timur Princes Street. Untuk menuju ke bukit ini, kita bisa berjalan kaki dari stasiun Waverley yang juga terletak di Princes Street. Di bukit ini, banyak terdapat monumen yang bersejarah. Monumen-monumen yang terdapat di Calton Hill antara lain:

1. National Monument of Scotland

Monumen ini sekilas terlihat seperti Parthenon di Athena karena memang monumen ini terinspirasi dari kuil tersebut. Monumen ini didirikan untuk menghormati para prajurit asal Skotlandia yang gugur pada peperangan era Napoleon. Monumen ini merupakan monumen terbesar di Calton Hill tetapi sayangnya pembangunannya tidak selesai karena kendala dana. Mungkin keberadaan monumen ini juga yang menjadikan Edinburgh sebagai “Athens of the North”.

2. Nelson Monument

Monumen ini dibangun untuk memperingati kemenangan angkatan laut Inggris dibawah kepemimpinan Laksamana Madya Horatio Nelson atas angkatan laut Spanyol dan Perancis pada Pertempuran Trafalgar yang juga merupakan rangkaian dari Peperangan Era Napoleon. Monumen setinggi 32 meter ini didirikan di titik tertinggi Calton Hill dan berbentuk seperti teleskop terbalik.

3. Portuguese Cannon

Meriam buatan Spanyol ini dibuat pada awal abad ke lima belas dan telah mengunjungi beberapa tempat di penjuru dunia. Meriam ini dipindahkan dari Eropa ke beberapa koloni Portugal di Asia Tenggara. Kemudian meriam ini didapatkan oleh Raja dari Arakan di pantai barat Burma. Pada saat invasi Inggris ke Burma, meriam ini kemudian diambil dan disimpan di Calton Hill sampai sekarang.

4. Dugald Stewart Monument

Monumen ini didirikan sebagai memorabilia untuk Dugald Stewart, seorang filsuf yang juga merupakan profesor di University of Edinburgh. Monumen ini juga terinspirasi dari monumen yang terletak di Athena yaitu Choragic Monument of Lysicrates.

5. City Observatory

Bangunan ini dulunya merupakan salah satu observatorium di Skotlandia yang berfungsi untuk mengamati benda angkasa. Observatorium ini terdiri atas beberapa bangunan seperti John Playfair Monument, Gothic Tower, dan Playfair Building. Saat ini bangunan tersebut tidak terpakai tetapi bangunan ini kadang dijadikan venue untuk mengadakan beberapa acara seperti pameran kesenian.

Selain monumen-monumen, kita juga bisa melihat panorama kota Edinburgh beserta pantai dari kejauhan. Di Calton Hill juga banyak digelar event tahunan seperti Beltane Fire Festival dan Dussehra Hindu Festival. Tetapi, ada baiknya untuk tidak mengunjungi Calton Hill di malam hari karena polisi setempat banyak menerima laporan tentang kejadian perkosaan dan tindak kekerasan di tempat ini.

Iklan

17 respons untuk ‘Calton Hill, Bukit Penuh Monumen di Ibukota Skotlandia

  1. Duhaai pemandangannya. Salah satu impianku itu melihat kastil. Kastil “betulan” seperti yang ada di Eropa. Sebagai postcrosser, aku juga koleksi kartu pos khusus bertema kastil ini.

    Dataran Inggris itu banyak sekali kastilnya. Skotlandia juga. Yang penasaran itu, orang-orangnya gimana mas? apa betul (sebagian orang) di sana kecendrungan rasis? terutama terhadap orang Asia.

    1. Kalo mau nti aku kirim mas kartu posnya.. mumpung masih di scotland..
      kalo di kota2 besar sih cenderung terbuka, krna udh banyak ketemu sama pendatang kali ya.. tapi kalo di kota2 kecil itu agak gmn gtu.. kadang2 temen saya yg mukanya agak oriental diajak ngomong sama orang sana pake bahasa Mandarin atau Jepang yg maksudnya itu agak ngejek gtu.. tapi sebagian kecil aja sih yg kayak gtu..

  2. jadi inget film2 sejenis perang zaman dulu di barat.. bangunanya selalu tinggi2. Patung segala udah megah banget. menara pulak…. baca ini udah berasa diajak jalan2 ke luar negeri…. wkwkwk

    Lagipula emang sih Edinburgh udah masuk UNESCO heritage site yak… jadi udah pasti ya keren2 spotnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s