Naik pesawat bagi saya merupakan hal yang menarik. Apalagi kalau naik maskapai yang belum pernah saya coba sebelumnya dan juga apabila berangkat dari atau ke bandara yang juga saya belum pernah kunjungi. Tetapi jika sudah di pesawat, kebosanan selalu datang melanda. Kebosanan kebanyakan karena saya tidak bisa mengakses internet di ponsel sehingga tidak bisa mengakses instant messenger atau social media. Sehingga di pesawat saya hanya bisa bengong sambil melihat-lihat kegiatan orang-orang lain di pesawat atau melihat ke luar jika saya duduk di dekat jendela. Sekarang, setelah mengamati kegiatan orang-orang lain dan juga berdasarkan pengalaman sendiri, akhirnya saya dapat membagi beberapa tips untuk mengatasi kebosanan selama perjalanan menggunakan pesawat. Berikut tipsnya:

1. Bawa Barang Favorit

Maksudnya barang favorit di sini bukan koleksi jam tangan atau sepeda pemberian Pak Jokowi ya, tapi lebih ke buku bacaan yang belum selesai dibaca, laptop, atau console. Cara ini merupakan salah satu cara paling mainstream untuk menghilangkan kebosanan dalam pesawat. Tidak perlu saya bahas lebih lanjut karena banyak travel blog lain yang juga membahas hal ini.

2. Pasang Game Offline atau Emulator

Tips ini hanya berlaku bagi anda yang memiliki ponsel terutama ponsel pintar yang bisa bebas mengunduh aplikasi dari store. Sebelum masuk ke pesawat, pasanglah beberapa game yang bisa dimainkan meskipun ponsel anda sedang tidak terhubung ke internet misalnya Angry Birds atau Cut the Rope. Atau jika anda tidak suka game-game ponsel dan ingin menghilangkan kebosanan di pesawat sambil bernostalgia dengan masa lalu, anda dapat meng-install emulator game di ponsel anda. Terdapat beberapa emulator console jadul seperti Nintendo GameBoy dan GameBoy Advance, Nintendo DS, Play Station 1, dan lain-lain yang tersedia di Play Store (hanya di Google Play Store aja, di AppStore tidak ada).

Emulator GameBoy Advance di ponsel android

3. Manfaatkan IFE

In-Flight Entertainment merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan yang paling ampuh menurut saya. Memang tidak semua maskapai menyediakan IFE di pesawatnya. IFE biasanya ditemui pada maskapai full service dan biasanya juga ditemui pada long-haul flight. IFE biasanya terdiri dari beberapa pilihan. Mulai dari musik, video, dan permainan. Pilihan musiknya beragam mulai dari tahun ’50an sampai musik-musik terbaru. Di dalam kategori musik, biasanya terdapat juga recital Al-Qur’an pada beberapa maskapai khususnya maskapai asal Timur Tengah dan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Brunei). Di kategori video, kita bisa menonton beberapa episode dari serial televisi, video dokumenter, dan juga video tentang wisata di kota tujuan (jenis video berbeda-berda tergantung dari maskapai). Tapi yang lebih menyenangkan, kita bisa menonton film-film box office yang baru keluar di bioskop. Lumayan bisa nonton gratis. Salah satu saran dari teman saya, kalau anda punya rencana untuk terbang jarak jauh, usahakan jangan nonton bioskop selama sebulan sebelumnya, karena biasanya film-film tersebut sudah ada di pesawat. Sedangkan permainan yang tersedia di IFE antara lain permainan kartu, strategi, dan teka-teki. Beberapa permainan bahkan bisa dimainkan secara multiplayer dengan penumpang lain. Berdasarkan cerita teman saya, maskapai Etihad bahkan memiliki meja bilyar yang dapat dimainkan di udara. Selain itu, beberapa maskapai long-haul juga menyediakan wi-fi yang dapat digunakan di pesawat. Tapi untuk menggunakannya dikenakan biaya tentunya.

In-Flight Entertainment di Oman Air

4. Tidur

Jika anda tidak punya barang favorit dan ponsel, serta di pesawat yang anda naiki tidak ada In-Flight Entertainment-nya, mungkin tidur bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan yang datang melanda. Kalau anda tidak lelah, tidur di pesawat mungkin hal yang sulit dilakukan. Selain karena kursi pesawat tidak senyaman kasur di rumah, otak kita pun tidak mau istirahat sehingga meskipun sudah memejamkan mata, kita tidak kunjung tertidur. Saran saya, kalau bisa malam sebelumnya tidak perlu tidur agar saat di pesawat merasa kelelahan. Hehehe…

Sekian saran dari saya yang mungkin juga sebenarnya anda sudah mengetahui hal-hal tersebut. Silakan kalau ada yang mau ditambahkan tipsnya.

23 thoughts on “4 Tips Mengatasi Kebosanan di Pesawat

  1. Kalau ada inflight entertainment mending, mas. Bisa nonton film sepanjang perjalanan. Cuma karena gue lebih sering naik maskapai LCC atau medium service, jadi gue biasanya:
    1. Baca inflight magazine
    2. Makan
    3. Minum
    4. Lihatin langit
    5. Kalau udah mentok, tidur, hahaha

  2. Karena aku suka motret, jadi aku suka banget mainin kamera saat terbang. Iya kalau kebetulan dapet di jendela ya hehe. Sisanya…. tidur atau baca-baca 🙂

  3. kebetulan tiap terbang selalu dapat sebelah jendela, jadi nggak pernah bosan melihat awan, mungkin karena tiap terbang selalu bawa anak jadi dikasi duduk sebelah jendela, tapi…, anakku nih yang bosenan, rewel, harus bawa maenan, cuma pas terbang naik Garuda dan Silk Air dapat maenan dikasi pramugari.

  4. jadi inget pas ke Jerman 2010, itu aku dan pacar sial bener naik lufthansa ga ada IFE nya ;p.. hahahaha, duuuh 13 jam an flight kita berdua sampe ga tau mau bahas gosip apaan lagi ;p.. makanya skr, kalo utk long haul flight, aku lbh milih maskapai yg bonafid lah ;p… biar ga bosen .. lumayan bgt IFE memang yg paling bisa bunuh kebosenan…

Tinggalkan Balasan

