Bagaimana perasaan anda kalau penerbangan anda dibatalkan secara sepihak oleh maskapai? Pasti tiap orang akan berbeda jawabnya. Ada yang senang, sedih, marah, dongkol, dan lain-lain tergantung dari situasi, kondisi, dan toleransi. Saya sendiri pernah mengalami dua kali pembatalan penerbangan bolak balik dengan kode booking yang sama tetapi saya bersyukur karenanya. Jadi saya sudah memesan tiket KLM dengan rute Istanbul ke Jakarta via Amsterdam dan Kuala Lumpur pulang pergi. Mau ke Jakarta saja dari Istanbul harus ke Amsterdam dulu. Maklum lah, maskapainya kan miliknya Kerajaan Belanda, pasti transitnya di Amsterdam.

Seperti beberapa penerbangan yang pernah saya alami sebelumnya, saya cek in menggunakan aplikasi maskapai tersebut pada ponsel dan boarding pass penerbangan tersebut akan langsung tersimpan pada aplikasi wallet di ponsel saya tanpa perlu mencetak boarding pass tersebut. Tanpa mengunjungi konter cek in lebih dahulu karena memang saya tidak membawa bagasi, saya melewati pemeriksaan keamanan dan paspor tanpa ada masalah. Kemudian saya menuju ke gate untuk menunggu di sana. Sampai pemeriksaan terakhir untuk memasuki gate, tidak ada masalah berarti yang saya temui. Sambil menunggu di gate saya berpikir, masih banyak waktu yang akan saya lalui sebelum sampai di Jakarta. Dari Istanbul ke Amsterdam membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam, transit di Amsterdam 1 jam 20 menit, dari Amsterdam ke Kuala Lumpur 13 jam, layover di Kuala Lumpur 1 jam 20 menit, dan Kuala Lumpur ke Jakarta sekitar 1,5 jam. Berarti total perjalanan yang akan saya lalui lebih dari 20 jam. Sebenernya saya ingin cepat sampai ke rumah tapi apa daya, tiket sudah terlanjur dibeli.

Sampai akhirnya waktu untuk boarding tiba. Sebelum boarding, boarding pass saya dipindai lagi oleh petugas. Masalah baru muncul karena boarding pass saya tidak terdaftar untuk penerbangan tersebut. Petugas lain kemudian mengecek komputernya kemudian memberitahu saya kalau cek in saya dibatalkan karena penerbangan dari Amsterdam ke Jakarta dibatalkan. Saya bingung karena tidak mendapatkan pemberitahuan sebelumnya. Petugas tersebut kemudian menelepon temannya. Setelah menelepon petugas tersebut kemudian memberi tahu kalau penerbangan saya diganti dengan Turkish Airlines ke Kuala Lumpur kemudian dilanjutkan dengan Garuda Indonesia ke Jakarta. “Just wait here, my friend will escort you to the gate“, katanya. Kalau menggunakan KLM, saya sampai di Jakarta pada pukul 17.55, tetapi dengan penerbangan baru ini, saya sampai di Jakarta dijadwalkan pukul 14.00. Alhamdulillah, berarti saya bisa sampai di Jakarta lebih cepat.

Pesawat ke Kuala Lumpur berangkat dalam waktu kurang dari satu jam. Salah satu petugas kemudian mengantarkan saya menuju bagian ticketing untuk mengambil tiket yang baru. Petugas di bagian ticketing meminta maaf sambil memberikan tiket yang baru kemudian memberi tahu kalau saya mendapatkan kompensasi dari maskapai sebesar 400 euro karena pembatalan tersebut. Ini sih sudah jatuh tertimpa tangga (dalam arti positif). Nomor voucher untuk kompensasi tersebut sudah tercetak pada tiket yang baru. Alhamdulillah. Petugas yang mengantar saya sepertinya menangkap rona bahagia di wajah saya dan kemudian ikut tersenyum. Kemudian kami pun berjalan menuju gate tempat Turkish Airlines yang akan mengantarkan saya ke Kuala Lumpur.

l2fdwg1
Sumber: livememe.com

Lain ceritanya dengan penerbangan kembali dari Jakarta ke Istanbul. Penerbangan ini juga transit di Amsterdam. Sebenarnya tujuan akhir saya bukan Istanbul kali ini, tetapi ke UK. Dari awal memesan tiket saya memang berniat untuk keluar di bandara Amsterdam pada saat transit kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan kereta dari Amsterdam. Jadi penerbangan dari Amsterdam ke Istanbul memang sengaja saya lepas. Biarin deh nanti dipanggil oleh petugas bandara karena memang saya sudah cek in juga untuk penerbangan dari Amsterdam ke Istanbul. Untuk memudahkan, saya sengaja tidak membawa bagasi.

Singkat cerita, saya sudah sampai di bandara Amsterdam dan berhasil keluar tanpa menemui masalah berarti. Saya pun segera membeli tiket kereta dan melanjutkan perjalanan. Di kereta saya mendapat email kalau ternyata penerbangan saya dari Amsterdam ke Istanbul dibatalkan. Maskapai kemudian memberikan tiga pilihan, ikut penerbangan Turkish Airlines pada hari yang sama, diganti ke hari yang lain, atau refund. Tanpa pikir panjang saya pun memilih refund. Alhamdulillah lagi karena penerbangan yang sebenarnya sudah saya ikhlaskan tetapi malah dapat refund. Hehehe…

Iklan

20 thoughts on “Berkah dari Penerbangan yang Dibatalkan

  1. wah itu bikin lega abis plus dapat keuntungan pulak… Memang kadang2 perubahan jadwal itu harus disyukuri yak… selama gak mengganggu rencana atau penerbangan berikutnya 🙂

  2. Puji Tuhan, mas. Yang tadinya naik KLM lagi, bisa coba Turkish Airlines dan naik Garuda Indonesia. Turkish sama KLM enak mana?
    Btw kenapa dibatalkan ya, mas? Lalu apakah semua maskapai akan memberikan kompensasi karena pembatalan sepihak kayak gini? Duh maap adek banyak tanya hahahaha

    1. Kalo untuk long haul kayaknya Turkish lebih enak.. film2 nya banyak n makanannya lebih beragam kalo menurutku. KLM n Garuda relatif sama sih dari segi makanan n IFE. Tapi KLM kursinya lebih enak dibanding Turkish n Garuda..
      Waktu itu ga dikasih tau alesannya knp dibatalkan, mungkin penumpangnya sedikit kali ya.. nah ga tau kalo maskapai lain gmn.. tapi kalo di Eropa kayaknya rata2 gitu sih, dapet kompensasi lumayan.
      Gpp nyantai aja.. hehehe… 😁

  3. Hwaa asli, ini mah namanya udah jatuh, ke kasur, trus udahnya dikasih selimut #eh hahaha.

    Alhamdulillah aku belom pernah ngerasain penerbangan dibatalkan, Serem juga, soalnya sementara mampunya naik maskapai murah. Kalau full service kayak KLM mestinya emang kayak gitu penanganannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s