Sebagai traveler, pasti kita membutuhkan moda transportasi untuk memindahkan diri kita dari satu tempat ke tempat lain. Kecuali jika bisa teleport maka lain lagi ceritanya. Dalam memilih moda transportasi, banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum memilih moda yang tepat. Kalau saya pribadi harga menjadi salah satu faktor penting. Faktor lainnya adalah waktu, keamanan, kenyamanan, opportunity cost, kepuasan, dan lain-lain. Sesuai prinsip ekonomi, pokoknya kita pasti ingin mendapatkan benefit yang tertinggi dengan harga yang termurah. Berikut adalah beberapa moda transportasi umum yang sering digunakan oleh para traveler yang pernah saya gunakan.

Antar Kota

1. Pesawat Udara

Maskapai menyediakan penerbangan terjadwal menggunakan pesawat udara antar bandara satu dengan lainnya. Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi tercepat untuk mengangkut manusia dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi waktu tunggu sebelum dan sesudah naik pesawat relatif lama dibandingkan dengan moda transportasi lain. Untuk naik pesawat, setidaknya kita harus tiba di bandara 1,5 jam sebelum jam keberangkatan. Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi yang saya sukai karena selain dapat mengantarkan kita ke tempat yang sangat jauh dalam waktu relatif singkat, kita juga dapat melihat pemandangan dari ketinggian. Salah satu impian saya yaitu ingin mencoba seluruh maskapai dan seluruh jenis pesawat, juga mengunjungi seluruh bandara yang ada di dunia. Saya sampai mencatat log penerbangan yang pernah saya lakukan pada openflights.org. Di situs tersebut kita bisa melihat berapa bandara yang sudah pernah kita kunjungi dan berapa mil yang sudah kita lalui. Sebenarnya saya lebih suka flightdiary.net karena fiturnya lebih lengkap. Tetapi saya tidak bisa menemukan bandara Kualanamu dan bandara Radin Inten II di flightdiary.

img_2127

2. Kereta Api

Kereta api merupakan moda transportasi berbasis rel yang dimaksudkan untuk mengangkut manusia dalam jumlah banyak. Kereta api saat ini beragam jenisnya mulai dari kereta uap (sekarang sudah jarang sekali) sampai kereta peluru dengan kecepatan yang hampir sama dengan pesawat terbang. Harganya pun tidak beda jauh dengan pesawat untuk jarak yang hampir sama. Bahkan jika dibandingkan dengan tiket kereta cepat seperti Shinkansen atau Thalys, harga tiket pesawat bisa lebih murah. Kereta api juga salah satu moda transportasi yang saya sukai karena kita dapat menikmati pemandangan pinggiran kota atau pedesaan karena biasanya jalur kereta api tidak melewati tengah kota.

img_2800

3. Bus

Bus menggunakan jalan yang biasa dilalui oleh mobil lain untuk mengangkut penumpang. Tarif bus relatif lebih murah dibanding kereta dan pesawat. Tetapi salah satu kekurangannya adalah waktu tempuh bus dipengaruhi oleh keadaan jalan. Contohnya apabila ada kemacetan atau perbaikan jalan, maka waktu tempuh bus akan terganggu. Yang saya sukai dari perjalanan dengan bus adalah biasanya bus biasanya berjalan pada malam hari sampai pagi hari sehingga dapat menghemat biaya penginapan. Selain itu untuk perjalanan jauh biasanya bus dilengkapi dengan fasilitas yang relatif nyaman seperti reclining seat dan hiburan. Tapi sleeper bus dari Ho Chi Minh City ke Phnom Penh menurut saya kurang nyaman sih. Hehehe..

img_0339

4. Kapal Laut/Ferry

Salah satu syarat utama perjalanan dengan menggunakan kapal laut/ferry adalah melintasi perairan. Saya sendiri jarang menggunakan moda transportasi ini kecuali tidak ada transportasi lain yang menuju ke tempat tersebut. Seperti saat menuju ke Pulau Rupat dan Bengkalis di Riau. Tetapi saya pernah juga menyeberangi selat sunda dan menuju Singapura dari Batam menggunakan ferry, sih. Tetapi pengalaman menyeberangi perairan yang paling seru menurut saya yaitu ketika menyeberangi Selat Rupat dengan menggunakan perahu kecil.

IMG-20121121-01478

Dalam Kota

1. Bus

Biasanya bus digunakan di kota-kota yang lebih kecil karena tidak ada jalur kereta. Selain itu, bus juga biasanya dipakai untuk transportasi menuju ke bandara. Di kota-kota besar di negara maju, biasanya bus sudah terintegrasi dengan moda transportasi lain seperti tram, metro, atau subway, sehingga kita tidak perlu repot-repot membeli tiket lagi ketika transit untuk berganti moda. Salah satu kekurangannya adalah bus tidak berhenti di tiap stop dan penanda nama halte kadang tidak jelas terlihat. Bus hanya akan berhenti apabila ada penumpang yang akan naik dan penumpang yang akan turun dengan menekan tombol yang ada di bus. Sehingga apabila kita belum mengenal kota yang kita singgahi, bisa saja stop-nya terlewat karena kita tidak tahu harus turun di halte mana.

dsc_5588

2. Tram

Tram adalah moda transportasi berbasis rel yang menggunakan jalan dalam kota. Biasanya tram juga harus mengikuti peraturan-peraturan yang ada di jalan raya seperti patuh terhadap lampu lalu lintas. Kekurangannya kurang lebih sama seperti bus.

dsc_2220

3. Rapid Transit

Rapid transit merupakan moda transportasi berbasis rel yang banyak terdapat di kota-kota besar di dunia. Jenis dan sebutannya pun berbeda-beda di tiap kota. Metro dan RER di Paris, MRT di Singapura, Underground atau Tube di London, LRT dan Monorail di Kuala Lumpur, BTS di Bangkok, dan lain-lain. Moda transportasi ini merupakan moda favorit saya ketika mengeksplorasi kota karena relatif mudah dan jelas waktunya. Biayanya juga bisa lebih murah jika kita menyiasatinya dengan tiket harian atau tourist pass. Biasanya juga terintegrasi dengan komuter sehingga lebih mudah untuk mengunjungi kota sekitar.

IMG_3731

4. River ferry

Biasanya hanya terdapat di kota yang dilalui sungai. Contohnya di Bangkok ada Chao Praya express. Tetapi saya jarang menggunakan transportasi ini karena lebih suka dengan transportasi darat. Kecuali jika tidak ada transportasi lain.

dscn2311

5. Taksi/Ojek

Taksi/Ojek di Indonesia atau Tuk-tuk di Thailand atau berbagai jenis angkutan sewa personal lainnya merupakan salah satu transportasi alternatif jika memang transportasi massal di daerah tersebut belum memadai. Harganya pun relatif tergantung jarak dan di beberapa tempat bahkan bisa ditawar. Apalagi dengan adanya ojek dan taksi online, menjadi semakin mudah untuk memesan ojek dan taksi.

dscn0449

6. Angkot

Merupakan moda transportasi yang kurang jelas kalau menurut saya, karena rutenya bisa berubah-ubah tergantung kemauan supirnya. Setidaknya itu yang saya alami di kota tempat saya dibesarkan. Saya pernah mencoba angkot di Serang, Jakarta, Tuban, Pekanbaru, dan Bandung dan sebagian besar menurut saya kurang reliable.

img_1048

Kalau anda bagaimana? Moda transportasi apa yang anda sukai?

31 thoughts on “Transportasi Umum Apa yang Anda Sukai?

  1. Eh kalaupun bisa teleport ala Harry Potter gitu, aku tetep lebih suka melakukan perjalanan manual, kecuali kalau harus sampai di sana dengan segera hehehe. Karena bagian yang paling aku suka dari traveling adalah proses perjalanan itu sendiri.

    Kereta api, rail transit, dan bus adalah moda terfavorit. Jarang banget naik kapal. Bukan anak laut sih.

  2. Yang mana aja enak tapi prefer kereta. Tapi buat kapal kalo ga di luarnya ga seruuuu. Hmm mantep juga nih baru tau ada flightdiary yaaa.

  3. Angkot yg di serang kurang reliable? Emang iyye hehehe. Kudu nanya dulu sih mau kemana tapi pas d jalan ada yg mau ke lain arah ya kita d ajak muter2 kaya city tour 😃 buang waktu, yakalik niatnya keliling kota.

    Mas ke Serang dah main ke mana aja tuh?

  4. sebenarnya kl ngerti bahasanya lbh seru naik bus, mass rapid transit, trem… tp serem aja kl bablas… selain lebih murah, jadi berasa penduduk setempat walau hanya beberapa menit *norak*

  5. saya sedang melirik kapal laut untuk perjalalan antar pulau. menarik sih negara kita yang mayoritas kepulauan ini, kapal adalah andalan transportasi bagi masyarakat. Kereta api jug favorit untuk perjalanan antar propinsi, khususnya di pulau jawa. cepat, gak macet dan mudah menjadi alasan utamanya 😀

  6. Sebagai warga Jakarta saya melihat ada yang kurang nih..bajaj dan bemo gaada hahaha
    Kalau saya paling suka naik pesawat, apalagi kalau pesawat perintis atau pesawat ukuran kecil karena jenis ini bisa terbang rendah dan kita bisa melihat pemandangan bagus dari udara.

    1. Bajaj n bemo masuknya di taksi/ojek mas, kan angkutan sewa personal lainnya td udh disebut.. hehehe…
      Wah iya tuh.. sama saya juga.. tpi agak serem sih.. apalagi kalo pilotnya sambil buka kaca n ngerokok.. 😅

Tinggalkan Balasan

