Mungkin masih jarang orang yang mengenal Pulau Rupat. Pulau yang terletak di sebelah timur Kota Dumai ini ternyata memiliki pantai yang masih perawan dan sangat indah. Secara administrasi, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bengkalis. Terdapat dua kecamatan di pulau ini, yaitu Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara. Pantai yang sangat indah tersebut terdapat di Kecamatan Rupat Utara. Untuk menuju ke Rupat Utara, terdapat kapal penumpang yang berangkat setiap hari pada pukul 10.00 WIB dan 15.00 WIB. Pelabuhan kapal ini terdapat di Dumai tepatnya di jalan Budi Kemuliaan.

Akhir bulan Februari, saya bersama beberapa teman berkesempatan mengunjungi pulau ini. Kami berangkat pukul 10.00 WIB menggunakan kapal cepat Planet Express Venus dari Dumai dan sampai di Pelabuhan Tanjung Medang, Rupat Utara sekitar pukul 11.45 WIB. Kami langsung dijemput oleh penduduk setempat menggunakan sepeda motor karena memang kendaraan roda empat hampir tidak ada.

 

Kami langsung menuju desa Teluk Rhu untuk makan siang di sebuah tempat milik kenalan salah seorang teman saya tepat di pinggir pantai. Makan siang di gubuk di tepi pantai ditemani suara ombak dan semilir angin memang sangat nikmat. Ditambah lagi pemandangan pantai yang sangat luas dengan pasirnya yang putih membuat kita semakin bersyukur kepada Tuhan.

Pantai di Rupat Utara terbentang sepanjang 11 km dari desa Teluk Rhu di sebelah utara sampai desa Tanjung Punak. Pantainya memiliki pasir yang putih dan masih perawan karena memang masih belum banyak orang mengunjungi pantai ini. Di ujung utara pantai terdapat sebuah mercusuar yang dulunya dapat dinaiki oleh pengunjung, tetapi sekarang sudah ditutup. Apabila hari cerah, daratan Malaysia dapat terlihat dari pantai ini.

Karena tidak ada penginapan, kami menginap di Mess Camat Rupat Utara yang terletak di dekat kantor camat di desa Tanjung Medang. Siapkan saja lotion anti nyamuk karena memang pada malam hari banyak sekali nyamuk yang mengganggu. Mungkin beberapa tahun ke depan, apabila digarap dengan serius oleh pemerintah setempat, tempat ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Iklan

21 thoughts on “Rupat Utara yang Mempesona

      1. Saking sepinya sampai banyakan nyamuk ya dek…. Tp aku suka ke pantai kl lagi cerah gini walaupun sepi. Puas main2nya dan pastinya foto2nya ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s