Bagi anda penggemar sepakbola, khususnya Liga Inggris, sudah pasti tidak asing dengan stadion ini. Bagi anda pendukung tim Chelsea, mengunjungi stadion ini sama halnya dengan ‘naik haji’. Yup, Stadion Stamford Bridge yang terletak di distrik Fulham, London ini merupakan rumah bagi salah satu klub paling terkenal di Inggris Raya, Chelsea FC. Meskipun saya pribadi bukan pendukung Chelsea, tetapi mengunjungi stadion klub terkenal merupakan salah satu hobi saya, dan Stamford Bridge merupakan salah satu destinasi wajib saya ketika mampir di London. Untuk akses transportasi, stadion ini letaknya sangat dekat dengan Fulham Broadway Underground Station.

Sebelum masuk ke kawasan stadion, petugas keamanan memeriksa barang bawaan setiap pengunjung yang datang. Pemeriksaan dilakukan sekedarnya saja tidak seperti ketika akan naik pesawat. Karena pada saat saya kesana sedang tidak ada pertandingan, maka Stadium Tour menjadi salah satu agenda saya. Admisi Stadium Tour letaknya di belakang stadion sehingga saya harus berjalan mengitari stadion terlebih dahulu. Setelah mengantri, saya pun mendapatkan tiket tur dengan harga 22 poundsterling. Peserta tur diberikan semacam nametag kemudian berfoto di ruang trofi. Foto tersebut dapat diambil setelah tur di merchandise shop dengan harga yang saya tidak tahu berapa karena saya sendiri tidak mengambil foto. Hehehe.. Setelah terkumpul sekitar 20 orang, tur pun dimulai. Peserta tur pada saat itu terdiri atas empat orang asal Inggris, pasangan dari Amerika Serikat, satu orang dari Indonesia, yaitu saya, dan sisanya merupakan pengunjung dari Italia. Terdapat dua orang guide yang memandu kami. Satu orang pria paruh baya dan seorang anak muda yang bertugas sebagai helper. Pemberhentian pertama kami yaitu tribun penonton. Dari sini kami bisa melihat lapangan yang sedang diberikan pemanas rumput karena pada saat itu matahari tidak sedang terik bersinar.

dsc_5655

Pemberhentian berikutnya yaitu resepsionis untuk menuju ke ruang pers. Tanpa berlama-lama di ruang resepsionis, langsung saja kita menuju ke ruang pers. Ruangan ini biasa dipakai para manajer untuk melakukan konferensi pers, penandatanganan kontrak pemain baru atau lama (perpanjangan kontrak), pengenalan pemain baru, dan ruangan untuk awak media ketika sedang meliput pertandingan. Di ruangan ini juga terdapat dapur untuk menyediakan makanan dan minuman gratis kepada para jurnalis.

dsc_5664

dsc_5668

Setelah itu, kami dibawa menuju ke ruang ganti tim tamu. Disini terdapat jersey dari beberapa pemain legendaris klub-klub yang pernah bermain melawan Chelsea baik di liga domestik maupun di kancah Eropa. Pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Thierry Henry, Lionel Messi, dan lain-lain terpajang jersey-nya di ruangan ini. Selanjutnya dari ruang ganti tim tamu, kami melanjutkan ke ruang ganti tim tuan rumah. Disini terdapat jersey semua pemain Chelsea berjejer rapi. Letak jersey tersebut menunjukkan letak lemari pemain yang bersangkutan ketika bersiap-siap sebelum bertanding.

dsc_5672

dsc_5676

Selanjutnya kami diajak merasakan bagaimana rasanya ketika berada di dalam lorong untuk menuju ke lapangan hijau. Di lorong ini biasanya kedua tim dan wasit berbaris sebelum masuk ke lapangan. Kami pun masuk ke lapangan seperti halnya para pemain yang akan bertanding. Tetapi sayangnya peserta tur tidak diperbolehkan untuk menginjakkan kakinya di lapangan. Pengunjung hanya boleh memasuki sampai area manajer, pemain cadangan, dan official tim saja.

dsc_5680

dsc_5683

dsc_5686

Tur pun telah selesai dan kami dipandu keluar stadion melalui toko yang menjual merchandise resmi dari klub Chelsea. Toko tersebut antara lain menjual jersey, gantungan kunci, jaket, gelas, syal, dan lain-lain.

dsc_5699

dsc_5700

Iklan

12 thoughts on “Stadium Tour: Stamford Bridge

  1. Ish apa apaan ini artikel… Dosaa kak. Ahahaha… Dosa… Meskipun bukan penggemar bola, pengen ikut ngerasain juga ada di situ…. Aihhh… Semoga diberi kesempatan tur ato nonton di sana juga. Aamiin. Mayan.. Buat pamer jugak, eh. Wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s