Bencana kabut asap yang menimpa Pekanbaru pada saat itu memaksa saya untuk menggunakan Bandar Udara di kota lain karena Bandara di Pekanbaru sempat lumpuh selama beberapa hari. Ada beberapa pilihan Bandara lain yang akan saya kunjungi antara lain, Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Bandara Internasional Kualanamu di Sumatera Utara, Bandara Hang Nadim di Batam, dan Bandara Sultan Thaha di Jambi. Karena beberapa pertimbangan pilihan saya jatuh pada Bandara Sultan Thaha di Jambi. Pertimbangan utama saya tentu saja karena saya belum pernah menginjakkan kaki di Jambi sebelumnya.Saya bersama seorang teman saya berangkat dari Pekanbaru pada pukul 20.00 WIB menggunakan travel Ratu Intan Permata dengan biaya Rp220.000,00 sekali jalan. Sekitar jam 6 pagi, kami sudah sampai di pusat kota Jambi. Karena pesawat yang akan mengangkut kami baru berangkat pada pukul 12 siang, kami beristirahat di rumah salah satu teman kami. Menjelang siang hari, kami sempat waswas karena kota Jambi juga pada saat itu diselimuti asap, meskipun tidak setebal Pekanbaru. Menurut informasi dari teman kami, pesawat tetap take off dan landing seperti biasa pada siang hari.

Sekitar pukul 09.30 WIB kami berangkat menuju bandara dengan diantar oleh teman kami. Sebelum ke bandara, kami mampir sejenak di sebuah rumah makan yang menjual makanan khas sumatera, pempek. Bukan hanya Palembang yang terkenal dengan pempeknya. Pempek khas Jambi pun tak kalah enak dan terkenal dengan pempek milik tetangganya. Pempek Sum-Sel, begitu nama rumah makan yang kami singgahi yang menurut teman saya merupakan rumah makan yang menjual pempek paling enak di Jambi. Kami bertiga langsung duduk di sebuah kursi panjang dan langsung dihidangkan bermacam-macam pempek untuk porsi tiga orang. Cara penyajiannya seperti rumah makan Padang dimana kami hanya membayar yang kami makan saja dari yang dihidangkan tersebut. Dari beberapa jenis pempek yang begitu menggugah selera, pempek kapal selam, adaan, dan kulit merupakan favorit saya. Selain itu juga ada lenjer, dan otak-otak yang menjadi andalan Pempek Sum-Sel. Tidak hanya pempek, rumah makan ini juga menjual tekwan dan amplang.

IMG_0903

Jadi apabila anda singgah ke kota Jambi, mencicipi pempek di Pempek Sum-Sel merupakan hal yang perlu anda lakukan.

33 thoughts on “Nikmatnya Pempek Sum-Sel

      1. kuliahnya dimana yah? tadi sempat baca kalo KKN-nya di jepara.. yups, boyolali terkenalnya 3s.. susu, sapi, soto.. hasil perekonomian, hasil peternakan sm ikon kulinernya haha

Tinggalkan Balasan

