Kalau liburan, oleh-oleh merupakan satu hal yang sangat krusial dan kontroversial. Bagi sebagian kalangan, membeli oleh-oleh merupakan hal yang merepotkan dan sangat dihindari. Apalagi kalau oleh-oleh tersebut merupakan titipan teman dan tidak menitipkan uang juga, wassalam lah. Kalau menurut saya pribadi, semuanya tergantung niat sih. Kalau memang niat mau membelikan oleh-oleh, pasti dibelikan, kalau tidak ada niat ya berarti tidak akan (Hehehe…). Saya sendiri selama masih mampu ya yang menitip oleh-oleh tetap saya belikan semampu saya, itung-itung berbagi kebahagiaan (Hehehe… lagi).

Anyway, kali ini saya tidak mau membahas tentang itu, tetapi tentang oleh-oleh atau cinderamata apa yang kamu koleksi dari hasil perjalanan kamu. Saya pribadi mengoleksi beberapa barang hasil dari saya pergi bertualang. Berikut contoh beberapa barang yang biasanya dikoleksi oleh para travelerย (versi saya):

Gantungan Kunci

Kecil dan relatif murah, oleh-oleh paling umum yangย dibeli dalam jumlah banyak untuk dibagi-bagi. Hampir semua daerah mempunyai ciri khas gantungan kunci seperti miniatur kapal pinisi dari Makassar atau klompen dari Belanda.

Magnet Kulkas

IMG_7369

Sama seperti gantungan kunci, magnet kulkas juga relatif murah dan khas dari masing-masing daerah.

T-Shirt

Mungkin kita sering jumpai orang-orang mengenakan t-shirt bertuliskan “I LOVE BALI” atau “HARD ROCK CAFE HELSINKI”. Yup, hampir tiap daerah terutama yang sering dikunjungi wisatawan pasti banyak ditemukan penjual t-shirtย yang menandakan daerah tersebut. Saya pribadi suka mengoleksi bermacam-macam t-shirt dari daerah tertentu, terutama brand lokal seperti Dagadu-nya Jogjakarta, Cakcuk dari Surabaya, atau Joger khas Bali.

Kartu Pos

Cinderamata yang cukup murah dan banyak tersedia di hampir semua destinasi wisata. Permasalahannya hanya bagaimana cara mengirimkannya karena kadang mencari kantor pos atau kotak pos tidak mudah (berdasarkan pengalaman pribadi sih).

Pajangan

IMG_7365

Saya menyiapkan rak tersendiri untuk menyimpan pajangan khas dari masing-masing daerah yang saya kunjungi. Meskipun belum banyak, tetapi saya bermimpi bisa mengisi penuh lemari saya dengan pajangan dari masing-masing daerah yang belum pernah saya kunjungi.

Koin

IMG_7367

Koin juga merupakan hal yang saya suka untuk dikumpulkan. Saya juga sudah menyiapkan album khusus untuk menyimpan koleksi koin saya. Termasuk juga di dalamnya koin yang diperoleh dari arcade.

Jadi, apa yang suka kamu koleksi selain yang saya sebut di atas? Playing cards? Cap di paspor? Foto? atau yang lain?

38 thoughts on “Oleh-oleh Apa Yang Kamu Koleksi?

  1. Kalo saya pilih magnet kulkas selain pengingat jika saya telah mengunjungi negara tsb, magnet kulkas jg harga nya ga mahal2 amat dan yg penting ga makan space banyak ๐Ÿ™‚

    Salam kenal dr blogger ala2

  2. kalo aku senengnya, chop di pasport, ama magnet mas… tp kalo utk org lain, aku slalunya beliin tshirt ato lonceng dengan tulisan nama negaranya ;).. banyak kok, di toko2 souvenir.. bntuknya lonceng gitu..

    oh iya 1 lg, ama bordiran bendera negaranya .. biasanya aku tempelin di ransel ku ๐Ÿ˜€

  3. walaupun belum pernah ke luar negeri tapi mayoritas ya souvenir mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, tuk-tuk mini khas Thailand dan paling suka dan fav. ya kartu pos dari berbagai negara, kesemuanya pemberian teman blogger hehehe

  4. Gantungan kunci, pajangan, walaupun kadang duitnya tau2 udah tiris tapi pokoknya tetep harus bawa sesuatu wkwkwkw postcard kmrn aneh bgt, di lombok tp postcarnya Bali semua bahahahahaha

  5. Btw rizka pernah dapet magnet kulkas italy sama postcard german wjwkwk dari babang erik yg suka undi2 souvenirs di ig kalo abis jalan2. Kayaknya yg punya akun blog ini mesti gitu juga wajakkakakak (balikin kata2 bang Hendi)

    1. Hehehe… boleh aja.. ni skrg lg d scotland.. email aja nama n alamat lengkap.. tpi ga tau ya sampe apa ga, soalnya kmaren2 ngirim beberapa ada yg blm nyampe sampe skrg.. ๐Ÿ˜…

      1. Waduuuu seriusan nih wkwkwkwkwk? Aaaaak jadi seneng. Scotlandia deket Irlandia ga sih baang? Kalo deket saya maunya Kian Egan nya westlife

  6. Aku biasanya menghadiahi kartu pos yang aku kirim langsung dari destinasi wisata. Sekarang lagi demen ngumpulin magnet sama pajangan. Kalo pajangan, biasanya gak beli banyak karena harganya lumayan hehe

Tinggalkan Balasan

