Belanda memang bukan negara yang luas. Jika dibandingkan dengan Indonesia, luasnya hanya sekitar 2 persen dari luas negara Indonesia. Tapi waktu sehari memang belum cukup untuk mengeksplorasi negara ini dari ujung utara di Groningen ke ujung selatan di Maastricht dan dari ujung timur di Enschede ke ujung barat di Vlissingen. Jika anda berkunjung ke Belanda, tepatnya ke kota Den Haag, Madurodam bisa menjadi alternatif untuk mengeksplorasi Belanda dalam waktu satu hari.

Madurodam merupakan taman miniatur yang terletak di Distrik Scheveningen, Den Haag. Di taman ini terdapat miniatur dari landmarks dan juga simulasi mengenai perkembangan teknologi di Belanda. Harga tiket untuk masuk ke Madurodam yaitu 16.5 euro per orang. Harga tersebut merupakan harga tiket yang dibeli di front desk secara langsung. Kita bisa mendapat harga lebih murah jika membeli secara online. Setelah masuk ke dalam area taman, kita mendapatkan semacam “kunci” yang dapat digunakan untuk mengaktifkan video penjelasan pada setiap situs. Kunci tersebut diaktifkan terlebih dahulu di depan area pintu masuk taman menggunakan email kita.

Madurodam sendiri diambil dari nama George Maduro, seorang mahasiswa yang melawan penjajahan Jerman pada Perang Dunia II. Miniatur kediaman dari George Maduro sendiri juga terdapat pada Madurodam.

DSC_2923
Miniatur Kediaman George Maduro

Selain kincir angin, yang menjadi ciri khas Negeri Belanda, miniatur yang terdapat pada taman ini antara lain Rijksmuseum, Amsterdam Airport Schiphol, Binnenhof, Port of Rotterdam, dan lain-lain. Terdapat juga simulasi interaktif atas teknologi-teknologi yang berkembang di negara ini mulai dari zaman kolonial hingga sekarang. Semua miniatur di taman ini dibuat dengan skala 1:25.

DSC_2956
Stasiun Groningen
DSC_2957
Konser Armin van Buuren
DSC_2945
Kapal pemadam api sedang memadamkan api di Kapal Tanker
DSC_2942
Pengunjung sedang memainkan simulasi kanal air
DSC_2932
Burung camar laut

Karena letaknya yang dekat dengan Laut Utara, tak jarang taman ini juga dikunjungi oleh burung laut seperti camar dan lain-lain. Salah satu objek yang menarik perhatian saya yaitu penjelasan mengenai kolonialisme yang tentu saja menyebut Indonesia karena Indonesia merupakan salah satu koloni terbesar Belanda pada saat itu. Disitu dijelaskan bahwa Belanda banyak mendapatkan kekayaan dari Indonesia. Yup, negara kita memang kaya, dan Belanda bisa menjadi seperti sekarang salah satunya karena Indonesia juga.

How to Get There

Naik Tram nomor 9 dan turun di stasiun Madurodam (Noord).

Iklan

2 thoughts on “Keliling Belanda Dalam Sehari? Ke Madurodam Aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s