Kali ini merupakan kali ketiga saya mengunjungi Negeri Singa. Pada kesempatan ini saya bersama beberapa orang teman memasuki Singapura melalui jalur darat di Woodlands dengan menggunakan bus dari Malaka, Malaysia. Kami turun dari bus di checkpoint di daerah Bugis yang tak jauh dari Stasiun MRT Bugis. Kami berjalan menuju stasiun kemudian naik MRT dan turun di stasiun Farrer Park. Dari stasiun Farrer Park kami berjalan kaki menuju The Claremont Hotel di Serangoon Road. Kami berencana menginap di Singapura hanya satu malam kemudian berangkat menuju Muar, Malaysia keesokan harinya.

Sebelum kami berkeliling Singapura, kami mencari tiket menuju ke Muar agar tidak kesulitan esok hari. Kami mencari tiket di Golden Mile Complex yang merupakan tempat berangkat bagi bus-bus yang akan berangkat ke Malaysia dan Thailand. Setelah mengunjungi semua agen, ternyata tidak ada bus yang melayani tujuan Muar. Rata-rata tujuan bus tersebut yaitu Kuala Lumpur dan Malaka. Kemudian kami kembali ke hotel dan mencari di internet. Kami mendapat info bahwa ada bus ke Muar yang berangkat dari Lavender Street Junction Off Kallang Bahru. Terdapat juga nomor kontak yang bisa dihubungi. Kami pun mencoba menghubungi tersebut tetapi nomor tersebut malah belum terpasang. Akhirnya kami naik taksi menuju ke Lavender Street untuk membeli tiket langsung. Ternyata info yang tercantum di internet merupakan info yang kadaluarsa. Tidak ada lagi terminal bus atau checkpoint yang terdapat disana. Supir taksi mengatakan bahwa bus-bus ke Malaysia biasa berangkat dari Bugis dan kemudian mengantarkan kami kesana. Sesampainya disana kami sedikit terkejut karena ternyata tempat tersebut merupakan tempat kami turun bus dari Malaka. Kami bertanya kepada penjual tiket apakah ada bus ke Muar, dan penjual tiket mengatakan bahwa bus yang berangkat dari situ hanya sampai ke Johor Bahru, dari Johor Bahru kemudian melanjutkan perjalanan menuju Muar.

Karena kapal yang akan mengantarkan kami kembali ke Indonesia berangkat pada pukul 13.00 dari Pelabuhan Muar, maka pagi-pagi sekali kami harus berangkat dari Singapura. Setelah mendapatkan informasi, kami kembali lagi ke hotel kemudian mengunjungi tempat-tempat menarik di Singapura sampai malam tiba. Keesokan paginya, kami langsung berangkat menuju Bugis untuk naik bus menuju Johor Bahru. Bus yang mengantar kami ke Johor Bahru tersedia hampir setiap saat. Dengan tarif SGD 2.50 sekali jalan, bus tersebut mengantar kami sampai ke Terminal Larkin di Johor Bahru. Pada saat di Woodlands, kami sempat kebingungan karena kami tertinggal oleh bus yang mengantar kami. Tetapi kami dapat menaiki bus selanjutnya dengan perusahaan bus yang sama selama masih menyimpan tiket bus.

Sesampainya di Terminal Larkin, saya langsung mencari loket yang menjual tiket bus ke Muar sedangkan teman saya yang lain membeli makanan. Kami mendapatkan bus dengan harga tiket RM 16.70 per orang sekali jalan. Teman saya pun sudah membeli banyak makanan untuk dimakan selama perjalanan di bus, sayangnya di bus tidak diperbolehkan membawa makanan maupun minuman, terpaksa kami membuang semua makanan kami sebelum masuk ke bus. Perjalanan Johor Bahru – Muar ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam. Pukul 10.00 waktu setempat kami sudah sampai di Muar. Sambil menunggu pukul 13.00, kami menjelajahi kota Muar yang menurut saya cukup menarik tapi tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi.

Salah satu bangunan di Muar
Sungai Muar
Salah satu jalan di sudut kota Muar

5 thoughts on “Mengejar Bus ke Muar (dari Singapura)