Kejadian ini pernah saya alami sewaktu saya hendak ke Malaysia untuk kedua kalinya. Waktu itu ketika saya akan berangkat ke Malaka dari Bengkalis, saya tidak diperbolehkan pergi karena paspor saya bermasalah. Tidak ada cap kedatangan dari perjalanan sebelumnya di paspor saya. Sebelumnya saya melakukan perjalanan dari Malaka ke Dumai. Biasanya pelayaran Malaka-Dumai menerapkan sistem imigrasi on board yang mungkin pada waktu itu saya melewatkannya. Sehingga sampai di pelabuhan Dumai saya langsung saja meninggalkan pelabuhan tanpa mengecek kembali paspor saya.

Saat itu saya sempat panik dan menelepon teman saya yang bekerja di Kantor Imigrasi Cilegon. Menurut teman saya tersebut, paspor wajib di cap saat kedatangan dan kepergian. Teman saya tersebut menyarankan agar bilang saja ke petugas imigrasi bahwa tujuan saya ke Malaka yaitu untuk medical check up. Setelah semua penumpang lain selesai urusan imigrasi, saya dibawa ke ruangan khusus. Paspor saya dibawa oleh petugas imigrasi yang lebih senior. Saya ditanya macam-macam mulai dari tujuan keberangkatan, pergi bersama siapa, dan lain-lain. Untungnya saat itu saya berangkat bersama teman saya yang kebetulan kenal dengan kapten kapal yang akan berangkat tersebut. Kapten kapal tersebut, Pak Ari, mengatakan bahwa tujuan saya dan teman saya yaitu untuk MCU. Akhirnya petugas imigrasi tersebut pun luluh dan blam, paspor saya pun di cap. Tetapi saya diceramahi macam-macam dan tetap harus ke Dumai untuk mengecap paspor saya.

Seminggu kemudian setelah kembali dari Malaka, saya pergi ke Dumai untuk mengecap paspor saya. Petugas imigrasi Dumai pun menceramahi saya setelah mengecap paspor saya. Tetapi itu menjadi pengalaman berharga bagi saya agar selalu mengecek paspor saya setiap akan dan setelah melakukan perjalanan luar negeri. Lain lagi cerita yang terjadi kepada salah satu teman saya. Teman saya tersebut ditolak masuk ke Malaysia oleh petugas imigrasi Malaysia di Muar karena masa berlaku paspornya kurang dari enam bulan. Teman saya tersebut harus rela kembali lagi ke Indonesia pada saat itu juga.

Iklan

6 thoughts on “Selalu Periksa Paspor Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s