Beberapa waktu yang lalu saya bersama beberapa orang teman dari Indonesia, Nepal, Bhutan dan Bangladesh berkesempatan mengunjungi Paris. Tidak seperti teman-teman saya yang sudah membeli tiket bus ke Belanda, saya memang sengaja go show menggunakan kereta cepat. Di Eropa, untuk membeli tiket bus seperti Megabus dan Eurolines memang harus dilakukan secara online. Sementara tiket kereta dapat dibeli secara langsung di stasiun. Sebenarnya tiket kereta juga dapat dibeli secara online dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli secara langsung. Tetapi karena saya ingin santai dan tidak dikejar waktu, saya memutuskan untuk membeli tiket langsung di stasiun.

Sekitar pukul 15.00 waktu setempat, saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke Rotterdam setelah seharian melihat-lihat kota Paris. Dari Arc de Triomphe, saya menuju ke stasiun Paris-Nord sementara teman-teman saya yang lain menuju ke coach station. Sesampainya di stasiun Paris-Nord, saya langsung mencari platform tempat kereta cepat yang akan saya naiki, Thalys, berangkat. Thalys berangkat dari stasiun Paris-Nord menuju ke Amsterdam setiap 2 jam sekali dan berhenti di Brussels, Antwerp, Rotterdam, dan Schiphol. Kereta berikutnya yang berangkat dari Paris-Nord yaitu kereta pukul 15.22.

IMG_8054

Saya segera mengantri tiket untuk kereta pukul 15.22 karena kereta sudah siap berangkat di platform. Saya sedikit kaget ketika petugas counter bilang 185 euro. “Excuse me?”, kataku. Jangan-jangan saya salah dengar. “185 euro, sir”, kata petugas counter tersebut menegaskan. Saya pun segera memberikan uang sejumlah tersebut kemudian petugas counter tersebut memberikan selembar tiket kepada saya. Setelah saya perhatikan lagi, ternyata saya mendapatkan tiket kelas 1 dengan fasilitas yang nyaman. Saya segera menuju ke gerbong yang nomornya tertulis di tiket. Setelah tiket diperiksa dan dibolehkan masuk oleh petugas, saya segera mencari seat yang tertulis di tiket. Setelah duduk dengan nyaman di kursi yang sangat nyaman saya segera mengaktifkan wifi di ponsel saya. Salah satu fasilitas yang didapat oleh penumpang kelas 1 adalah wifi gratis sepanjang perjalanan. Dengan fasilitas ini saya dapat berhubungan dengan istri saya di Indonesia. Fasilitas lain yang saya dapat yaitu snack dan minuman. Sepanjang perjalanan dari Paris ke Rotterdam saya mendapatkan dua kali snack dan minuman.

IMG_3735

Perjalanan Paris – Rotterdam ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam. Hampir sama dengan perjalanan Osaka – Tokyo menggunakan Shinkansen Nozomi. Saya sangat menikmati perjalanan ini karena selain fasilitas yang membuat perjalanan terasa nyaman juga karena pelayanan yang sangat ramah oleh petugas di dalam kereta. Meskipun harus membayar lebih, tetapi setara dengan kenyamanan yang diberikan.

Tinggalkan Balasan

