Kalau berbicara tentang Vietnam, maka tak bisa lepas dari Viet Cong dan Perang Vietnam-Amerika, yang berakhir dengan kaburnya Amerika dari Vietnam. Kemenangan Vietnam ini tak lepas dari kegigihan Viet Cong dan juga strategi gerilya yang efektif. Salah satu yang menunjang suksesnya strategi gerilya tersebut adalah jaringan terowongan bawah tanah yang tersebar di Vietnam dan salah satunya yang terbesar adalah terowongan Cu Chi atau Cu Chi Tunnel yang terletak di Distrik Cu Chi, Kota Ho Chi Minh. Cu Chi Tunnel yang kini menjadi salah satu objek wisata terpopuler di Vietnam tak lepas dari agenda saya. Dengan menggunakan jasa Tuan Travel, sekitar pukul 08.00 waktu setempat kami dijemput di lobi hotel tempat kami menginap. Kali ini kami mengambil paket tur setengah hari sampai pukul 14.00.

Sekitar pukul 08.30 kami beserta peserta tur lain berangkat menuju Cu Chi menggunakan dua bus besar karena memang peminat tur tersebut sangat banyak. Sebelum sampai ke Cu Chi, rombongan tur mampir dahulu di sebuah workshop kerajinan keramik. Kebanyakan para pekerja di workshop tersebut adalah veteran perang Vietnam yang merupakan korban dari agent orange. Sekedar info, agent orange adalah herbisida yang digunakan tentara Amerika sebagai senjata kimia.

Setelah para pengunjung puas berbelanja (sebenarnya kebanyakan pengunjung hanya melihat-lihat sih, termasuk saya), rombongan kami melanjutkan perjalanan ke Cu Chi. Perjalanan kami dipandu oleh guide bertubuh kecil berambut gondrong dengan nickname Mr. Buffalo. Sesampainya di Cu Chi Tunnel, kami langsung mengantri untuk membeli tiket masuk karena biaya tur tersebut tidak termasuk biaya tiket masuk sebesar 80.000,00 dong per orang. Setelah membeli tiket dan melewati pos pemeriksaan tiket, kami masuk ke semacam bioskop yang terletak di tengah hutan. Disitu kami diputarkan film tentang perang Vietnam dan terowongan Cu Chi, setelah itu Mr. Buffalo memberikan penjelasan singkat mengenai sistem dan bagian-bagian yang ada pada terowongan. Agenda tur kami setelah menonton film yaitu kami diberikan kesempatan mencoba lubang kamuflase yang dahulu digunakan oleh Viet Cong untuk bersembunyi. Lubang tersebut sudah diperbesar untuk mengakomodasi para turis yang kebanyakan bertubuh lebih besar dari prajurit Viet Cong. Selanjutnya kami melihat perangkap yang dibuat oleh pejuang Viet Cong untuk menahan pasukan Amerika. Perangkap tersebut banyak sekali jenisnya, mulai dari yang berbentuk kursi, yang tertanam di tanah, terletak di balik pintu, dan lain-lain.

Di area tersebut juga terdapat beberapa patung prajurit Viet Cong dan tank yang berhasil direbut dari tentara Amerika pada saat itu. Selanjutnya kami menuju kantin di dekat shooting range untuk istirahat sejenak sambil menikmati jagung bakar dan es krim. Anda juga bisa mencoba menembak menggunakan senjata yang tersedia di shooting range. Setelah itu kami mencoba merangkak di terowongan seperti yang dilakukan oleh prajurit Viet Cong pada waktu itu. Tetapi baru merangkak beberapa meter saja paha sudah terasa pegal, sedangkan prajurit Viet Cong pada waktu itu merangkak berkilo-kilo meter jauhnya untuk bertahan dari serangan bom yang dijatuhkan oleh bomber Amerika. Terowongan yang asli malah ukurannya jauh lebih sempit daripada yang pernah saya masuki. Bisa dibayangkan betapa sulitnya hidup pada masa tersebut.

Pukul 13.00 waktu setempat, rombongan berikutnya pun mulai berdatangan. Saatnya bagi kami untuk kembali ke Kota Ho Chi Minh setelah merasakan sejenak terowongan peninggalan Viet Cong.

How to Get There

Untuk menuju Cu Chi Tunnel, cara terbaik dan ternyaman yaitu mengikuti tur. Banyak agen di sepanjang jalan Pham Ngu Lao yang menawarkan paket tur ke Cu Chi Tunnel dan lain-lain.

Iklan

2 thoughts on “Cu Chi Tunnel, Rahasia Sukses Gerilya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s