Apabila anda berkunjung ke pantai Ora di Maluku, pastinya akan melewati desa ini. Ya, Desa Saleman yang terletak di bagian utara Pulau Seram ini merupakan desa dimana pantai Ora berada. Pusat perkampungan desa ini berjarak sekitar 15 menit dari pantai Ora. Ketika saya bersama beberapa orang teman saya jalan-jalan ke pantai Ora, kami sempat mengunjungi desa ini untuk birdwatching.

Burung yang kami amati kali ini bukan burung biasa. Lusiala, begitulah warga setempat menyebutnya. Burung ini keluar dari gua secara bergerombol setiap waktu maghrib tiba. Warga setempat sampai menjadikan keluarnya burung-burung ini dari sarangnya sebagai pertanda bahwa waktu maghrib atau waktu berbuka puasa telah tiba. Menurut informasi dari guide kami, burung-burung tersebut jumlahnya ribuan. Sehingga ketika keluar dari sarangnya, bentuknya seolah menyerupai naga yang terbang di langit.

DSC_0856

Sambil mengamati gerombolan burung yang sedang terbang keluar sarangnya, salah satu teman kami memesan kelapa muda dari warga setempat. Sambil menikmati buah kelapa, kami mendengarkan cerita dari guide kami mengenai burung lusiala tersebut. Konon tidak ada yang tahu kemana burung tersebut pergi. Setiap menjelang subuh, burung-burung tersebut kembali ke sarangnya dengan cara berenang. Apabila burung tersebut mati, maka burung tersebut hilang tak berbekas. Salah satu warga setempat pernah menangkap seekor burung dan memasukkannya ke dalam toples. Tetapi tak lama kemudian, toples tersebut pecah dengan sendirinya dan burung lusiala yang ditangkap hilang tanpa jejak.

DSC_0862

Pernah suatu kali warga setempat mengunjungi gua tempat lusiala bersarang pada siang hari. Tetapi burung tersebut tidak nampak dan bahkan kotoran-kotorannya pun tidak ada di lantai gua. Sampai sekarang keberadaan burung tersebut masih menjadi misteri. Ada yang bilang kalau burung tersebut merupakan burung ababil. Wallahu a’lam.

How to Get There

Cara termudah untuk menuju Ora Beach Resort yaitu dengan menghubungi pihak pengelola untuk menjemput di Bandar Udara Pattimura Ambon. Biasanya paket tur ke Pantai Ora sudah termasuk antar jemput dari Bandara.

Iklan

10 thoughts on “Lusiala, Burung Mistis Desa Saleman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s