Jika berkunjung ke suatu tempat baru, maka makanan khas merupakan hal yang tak boleh terlewatkan. Ibu kota Jawa Timur, Surabaya, juga terkenal dengan kulinernya yang beragam. Seperti kuliner khas Jawa Timur lainnya, kebanyakan kuliner khas Surabaya terasa manis pedas. Berikut lima kuliner khas Surabaya yang tak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke kota pahlawan.

Sate Klopo

Penjual sate klopo banyak ditemui di jalan Walikota Mustajab. Meskipun namanya sate klopo, tetapi bukan daging buah kelapa yang dijadikan sate, melainkan daging ayam dan sapi. Kelapa hanya dijadikan sebagai tambahan bumbu sebelum dibakar. Untuk penyajiannya, sate klopo dipadukan dengan bumbu kacang yang ditambahkan dengan cabai rawit utuh dan bawang merah. Saat disantap, parutan kelapa memberikan sensasi gurih yang berbeda dengan sate lainnya. Sangat nikmat dimakan dengan lontong atau nasi.

IMG-20130812-00077

Lontong Balap

Menurut teman saya, lontong balap terenak terdapat di Depot Lontong Balap Cak Gendut di Jalan Prof Dr Moestopo. Tetapi menurut saya pribadi, lontong balap di dekat House of Sampoerna juga tak kalah enaknya. Lontong balap terdiri dari irisan lontong, tahu, dan lentho kemudian diatasnya diberi kecambah yang sangat banyak. Setelah itu disiram kuah secukupnya, sambal dan kecap sesuai selera pembeli. Sebagai pelengkap, jangan lupa pesan juga beberapa tusuk sate kerang sebagai pasangan lontong balap.

IMG-20130812-00079 IMG-20130812-00078

Rujak Cingur

Rujak cingur terdiri atas rebusan cingur (mulut sapi), tempe dan tahu goreng, sayuran seperti kangkung dan tauge, buah-buahan seperti mangga dan bengkuang, serta dilengkapi dengan bumbu petis. Berdasarkan survei kecil-kecilan, rujak cingur terenak di Surabaya terdapat di jalan Ahmad Jais. Rujak cingur ini memang terkenal mahal tetapi harganya sebanding dengan kelezatannya. Tempatnya pun cukup sederhana, hanya ruangan kecil di samping rumah pemiliknya tanpa ada papan nama ataupun spanduk. Cingurnya pun empuk, bersih, dan tidak tercium baunya sama sekali.

Nasi Goreng Jancuk

Dari namanya saja anda sudah bisa menebak rasanya seperti apa. Yup, nasi goreng ini merupakan nasi goreng super pedas dengan porsi yang sangat besar (satu porsi untuk empat orang). Apabila anda ingin menikmati hidangan ini, lebih baik ajak teman-teman anda dan siapkan air minum yang cukup karena setelah makan hidangan ini anda pasti akan berteriak, Janc***k!!

20140927_132249

Zangrandi Ice Cream

Zangrandi Ice Cream didirikan oleh orang Italia, Renato Zangrandi, pada tahun 1930. Sejak zaman penjajahan Belanda, restoran es krim ini sudah sangat populer. Terdapat bermacam-macam es krim yang dijual dengan harga berkisar antara Rp10.000,00 sampai Rp40.000,00. Tekstur es krimnya memang tidak selembut es krim modern, tetapi cita rasanya yang khas dan nikmat membuat es krim di Zangrandi tetap diminati dari zaman dulu. Terletak di dekat seberang Balai Pemuda, tepatnya di Jalan Yos Sudarso nomor 15, bangunan restoran ini merupakan bangunan peninggalan zaman Belanda dan menjadi salah satu cagar budaya di Surabaya.

20140927_205437

How to Get There

Terdapat dua stasiun besar dan satu bandara internasional yang menghubungkan kota Surabaya dengan kota lainnya. Selain itu, Surabaya juga dapat dicapai menggunakan bus antar kota dari kota-kota di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.

Iklan

4 thoughts on “Mencicipi 5 Kuliner Khas Kota Pahlawan

  1. Hihi, aku gk pernah mengharuskan kulineran klo jln. Makanya klo ditanya soal referensi kuliner, aku ngga ngertiii. :p Sepertinya aku aneh. Eum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s